Pengenalan Bahasa Pemrograman C++ dan Fitur-fitur C++

Bahasa Pemrograman C++ adalah bahasa Pemrograman Komputer Tingkat Tinggi (High Level Language), tetapi C++ juga dimungkinkan untuk menulis Bahasa Pemrograman Tinggkat Rendah (Low Level Language) di dalam pengkodingan. karena C++ merupakan peluasan berasal dari Bahasa Pemrograman C yang tergolong dalam Bahasa Pemrograman Tingat Menengah (Middle Level Language), yang berarti Bahasa Pemrograman C++ mempunyai semua fitur dan kelebihan yang bhs pemrograman C miliki, juga kelebihan Bahasa C yakni kami dimungkinkan untuk gunakan Bahasa Pemrograman Assembly di dalam pengkodingan C++, dan juga menyediakan fasilitas untuk memanipulasi memori tingkat rendah.

Pencipta C adalah Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie sekitar tahun 1972. C adalah bahasa pemrograman terstruktur, yang membagi program didalam wujud sejumlah blok. Tujuannya adalah untuk memudahkan didalam pembuatan dan pengembangan program.

Program yang ditulis dengan menggunakan bahasa C ringan sekali untuk dipindahkan dari satu tipe mesin ke tipe mesin lainnya. Hal ini berkat adanya standarisasi bahasa yaitu ANSI (American National Standards Institute) yang dijadikan acuan oleh para pembuat kompiler C.

C++ adalah peluasan dan penyempurnaan berasal dari bahasa pemrograman di awalnya yakni bahasa C, oleh Bjarne Stroustrup tahun 1980. Awal C++ mempunyai nama yakni “C with Classes” dan berpindah nama menjadi C++ tahun 1983. Bjarne Stroustrup membawa dampak bahasa pemrograman C++ bersama dengan tambahan fasilitas, yang berfungsi terhadap tahun itu hingga sekarang, yakni bahasa pemrograman yang mendukung OOP (Object Oriented Programming).

C diambil sebagai landasan dari C++ adalah karena keportabilitasan C yang terlalu mungkin diterapkannya ke beraneka mesin, dari PC hingga mainframe, dan juga terhadap berbagai sistem operasi (DOS, UNIX, VMS dan sebagainya)

Keistimewaan yang amat berarti terhadap C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman yang berorientasi object (Object Oriented Programming) namun sekali lagi C++ hanya bahasa yang berbentuk hibrid, bukan bahasa murni yang berorientasi obyek.

Tujuan utama dibuatnya C++ untuk meningkatkan produktivitas pemrogram didalam pembuatan aplikasi. PBO dan C++ sanggup mengurangi kekompleksitasan, lebih-lebih terhadap program yang besar yang terdiri dari 10.000 baris atau lebih.

Fitur-fitur C++

  • Merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia dan nyaris seluruh program di dunia dibuat bersama menggunakan C/C++.
  • Portable. Karena punyai banyak kompiler yang terjadi di berbagai platform dan secara eksklusif menggunakan Standar Library C++ yang bakal terjadi terhadap banyak platform bersama tidak ada perubahan fungsi-fungsi pada Library C++.
  • Mendukung Manifest dan Inferred Typing. Fitur selanjutnya sudah ada semenjak kelahiran C++ pertama hingga C++ Modern saat ini, C ++ memungkinkan fleksibilitas dan termasuk menyediakan kesederhanaan didalam menulis program.
  • C++ Menawarkan banyak pilihan paradigma. Beberapa adalah paradigm yang terlampau terkenal didalam C++ adalah tawarkan pemberian luar biasa untuk Pemrograman Prosedural, Generik, Berorientasi Objek (OOP) dan masih banyak paradigm yang mengimbuhkan kemudahan untuk programmer C++.
  • Memiliki pemberian Library yang luar biasa. C++ punyai Standar Library C++ yang punyai banyak sekali faedah dan tidak hanya itu, banyak termasuk programmer lain yang mengembangkan C++ dan mengakibatkan Library tambahan yang terlampau berguna.
    Bahasa yang dikompilasi. C ++ mengkompilasi langsung ke bahasa mesin, yang menjadikanya jadi salah satu bahasa pemrograman tercepat di dunia.
  • Sekali kembali tawarkan Fleksibilitas didalam menopang ke dua statis dan dinamis type checking. C++ memungkinkan type conversions untuk di cek saat mengkompilasi program atau selagi jalanya program (run-time).
  • C++ merupakan bahasa turunan dari bahasa pemrograman C, dan C++ dapat menggunakan dan membawa seluruh sarana yang ada didalam bahasa pemrograman C tanpa perubahan sedikitpun didalam fungsi-fungsi C. dan termasuk C++ dapat lakukan pemrograman Assembly langsung di didalam program yang merupakan fitur turunan dari C.
  • Dan masih banyak lagi, kalian bakal menyadarinya terkecuali sudah merasakan dan jadi programmer C++.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here