Afif Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.

Prinsip SOLID 1: Introduction

33 sec read

Halo semua, kali ini admin mau berbagi materi baru tentang SOLID. Bagi kalian yang belum tahu, admin akan bahas pelan-pelan dari introduction dulu.

Untuk menjadi seorang software developer memang tidak mudah. Saat kita menjadi seorang seorang software developer dituntut untuk mengetahui teknologi yang tiap hari semakin berkembang.

Seorang software developer wajib mengetahui hal dari fundamental dan paradigma bahasa pemrograman yang digunakan, teknologi yang diimplementasikan. Terlihat cukup sulit? tentu tidak, ini meupakan suatu hal yang harus diketahui bagi software developer.

Salah satu fundamental yang wajib diketahui adalah Software Design Principle. Apa itu? merupakan aturan yang dapat membantu kita untuk menghindari kebiasaan buruk dalam merancang sebuah perangkat lunak.

Pada sesi ini kita akan mempelajari aturan Design Principle atau yang biasa disebut dengan SOLID (Single Responsibility, Open Closed, Liskov Substitution, Interface Segregation, dan Dependencies Inversion).

Nah sebelum masuk sesi selanjutkan, nanti kita akan bahas OOP (Object Orientation Programming) yang merupkan paragdima dasar penerapan beberapa aturan diatas tadi.

Afif Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.

One Reply to “Prinsip SOLID 1: Introduction”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan pernah ketinggalan materi dari kami, dapatkan pembaruan mingguan di kotak masuk Anda.