Input & Output (Masukan dan Keluaran) adalah aktifitas pengguna dengan program pada komputer yang amat mungkin kita memberikan information kedalam program dan program itu juga mampu mengeluarkan information untuk pengguna. Data selanjutnya mampu bersifat text, file, gambar, hardcopy dan lain-lain. Kali ini kita akan studi tentang basic Input Output pada C++.

Pada ANSI C. operasi Input Output (IO Dasar pada layar console) dilakukan dengan manfaatkan fungsi-fungsi yang tersedia di library “stdio”. sebagai perumpamaan beberapa pengakuan yang tercantum pada library “stdio” adalah printf, scanf, putchar, puts dan lain-lain. Mereka berfaedah sebagai basic Masukan dan Keluaran di dalam bahasa pemrograman C.

Dan pada bahasa pemrograman C++ pencipta membawa dampak cara baru untuk jalankan operasi Input dan Output yang mampu dikatakan lebih mudah berasal dari bahasa pemrograman C, fitur Input output C++ tidak menukar fitur input output pada bahasa C, kita selamanya biasa manfaatkan fungsi-fungsi input output C di di dalam program C++. Operasi Input dan Output mampu kita jalankan dengan manfaatkan fungsi-fungsi yang berada pada Stream dan salah satunya tersedia pada library “iostream”.

Stream adalah suatu logika device (peralatan logika) yang menghasilkan dan terima informasi atau suatu wadah yang digunakan untuk menampung keluaran dan menampung aliran data. Stream adalah nama umum untuk menampung aliran information (contoh : file, keyboard, mouse), maupun untuk keluaran (contoh : layer, printer). Dalam C++ input bermakna membaca berasal dari stream dan output bermakna menulis ke stream.

Output (keluaran) adalah aktifitas program yang meraih perintah untuk memberikan informasi information kepada pengguna (manusia). Data itu biasanya merupakan olahan berasal dari information lainya yang mampu bersifat text, file , gambar, hardcopy dan lain-lain. Dalam bahasa C. perintah keluaran basic bersifat text kita mampu melakukanya dengan manfaatkan manfaat printf(), puts(), putchar dan lain-lain. Dalam bahasa C++ kita mampu melakukanya dengan keyword cout.
Untuk manfaatkan keyword cout kita membutuhkan Insertion Operator dengan isyarat “<<” di antara keyword dengan ekspresi. dan juga di antara ekspresi dengan ekspresi.

Dan kalau kita mendambakan jalankan keluaran (menampilkan) nilai berasal dari suatu variable kita hanya akan membutuhkan identias berasal dari variable selanjutnya dan kalau kita mendambakan langsung menampilakan sebaris kalimat (string), kita mampu melakukanya dengan memberikan sepasang isyarat petik dua di awal kalimat dan di akhir kalimat.

Contoh Penulisan (C++) :

cout<<variable;

atau

cout<<”Hallo Semua”;

atau

cout<<variable<<”Hallo Semua”;

Bentuk pertama akan jalankan keluaran (menampilkan) nilai berasal dari variable, Bentuk ke-2 adalah keluaran yang akan menampilkan string “Hallo semua”, dan wujud ketiga adalah keluaran yang akan menampilkan nilai berasal dari variable dan string “Hallo Semua”,

Input (masukan) adalah hubungan pengguna (manusia) dengan program, amat mungkin program mampu terima information berasal dari pengguna yang biasanya bersifat text, file, gambar, hardcopy dan lain-lain. Dalam bahasa C kita mampu jalankan perintah input basic text dengan manfaatkan funsi printf(), puts(), putchar. Dan di dalam bahasa C++ kita mampu melakukanya dengan keyword cin.

Untuk manfaatkan cin kita membutuhkan Extraction Operator dengan isyarat “>>” yang diletakan di antara keyword “cin” dan memori.

Sebelum itu kita kudu tau bahwa pengguna memasukan information yang bermakna program akan membutuhkan tempat untuk menyinpan information yang pengguna memberikan (seperti kita mencoba untuk menyita air dan membutuhkan tempat yaitu gelas). Dalam komputer tempat selanjutnya dinamakan sebagai memori. Dan memori mampu dipesan oleh bahasa pemrograman dengan cara mendirikan variable.

Maka information yang diberikan oleh pengguna di dalam operasi pemasukan (input) akan disimpan di di dalam memori variable yang udah kita dirikan.

Contoh Penulisan (C++) :

cin>>variable;

Contoh Program :

#include 
using namespace std;
int main ( ) {
   int x ;
   cout << "Masukkan sebuah bilangan : "; cin >> x ;
   cout << "Bilangan yang dimasukkan adalah " << x << endl ;
   return 0;
}

Di atas adalah perumpamaan program yang mencontohkan bagaimana pemanfaatan cout dan cin. Pada baris keempat didirikan variable “x” dengan model information integer yang akan berfaedah untuk penyimpanan information pemasukan berasal dari pengguna program. Baris selanjutnya adalah perumpamaan penggunan keluaran dengan kalimat “Masukan sebuah bilangan : ”. Dan baris ke enam adalah perumpamaan pemanfaatan perintah masukan “cin”, masukan berasal dari pengguna akan dimasukan dan disimpan di dalam memori variable x.
Dan baris ketujuh adalah pemanfaatan cout, menampilkan string dengan kalimat “Bilangan yang dimasukan adalah : ” dan menampilkan mengisi berasal dari variable “x” yang merupakan bilangan yang barusan pengguna masukan pada baris keenam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here