Afif Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.

Belajar Python 01: Apa itu Python

55 sec read

Halo teman-teman selamat datang di kuycoding, lama tidak jumpa dengan saya admin kuycoding. Kali ini kita akan belajar dan mengenal tentang pemrograman python.

Apa sih bahasa Python?
Kenapa harus belajar bahasa Python?

Python adalah bahasa yang ditunjukkan untuk general-purpose programming yang mana bahasa pyton ini termasuk dalam kategori (bahasa tingkat tinggi) high-level programming language.

Sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi (high-level programming language) karena bahasa python yang mudah dibaca dan ditulis oleh manusia.

Sejara singkat lahirnya bahasa pemrograman Python

Bahasa python dikembangkan oleh Guido Van Rossum sejak tahun 1989, dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 sebagai proyek open source.

Pemberian nama python diperoleh dari acara sirkus yaitu Month Python, kebetulan acara sirkus ini adalah acara yang disukai oleh Guido van rossum

Pada januari tahun 1994 adalah perilisan pertama python 1.0, Selanjutnya versi python 2.0 Oktober 2000, Yang saat ini adalah python 3.0 dirilis pada Desember 2008.

Keunggulan bahasa pemrograman python

Berikut adalah keunggulan bahasa python dibanding dengan bahasa pemrograman lain:

  • Mudah dimengerti
  • Simpel. Menuliskan baris koding yang sedikit dibanding dengan bahasa pemrograman lain.
  • Open source. Python akan terus dikembangkan karena memiliki banyak komunitas dan lembaga seperti PSF (Python Software Foundation).
  • Library yang banyak. Python memiliki banyak library dengan beragam modul sehingga dapat memudahkan kita untuk membuat program tanpa harus menulis kode dari awal.
  • Multi Platform. Python dapat digunakan untuk membuat berbagai macam program, seperti web development, mobile apps, desktop apps.
  • Naik daun. Karena sedang naik daun dibidang data science dan cabangnya seperti machine learning, artifical intelegent, dan big data bahkan IoT sekalipun.
Baca juga:  Belajar Python 03: Buat New Project dan Menjalankan Python

Dan masih banyak lagi keunggulan bahasa pemrograman python, nah apakah teman-teman tertarik untuk belajar pemrograman python?

Afif Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

site stats