Tutorial belajar MySQL di kuycoding.com, pada artikel ini kita akan belajar apa pengertian MySQL dan apa fitur unik MySQL. MySQL tidak hanya dikarenakan gratis, tetapi juga merupakan sebuah aplikasi database yang mampu disandingkan bersama dengan aplikasi database berbayar lain, layaknya Oracle dan Microsoft SQL Server.

Sebelum lompat lebih jauh, ada baiknya kita mempelajari dan memahami dulu tentang MySQL. MySQL sangatlah penting untuk dipelajari karena aplikasi yang biasa kita buat butuh sebuah database yang digunakan untuk menyimpan data informasi.

[artikel number=1 tag=”install-lamp” ]

Pengertian dan Pengenalan MySql

Mungkin ada teman-teman yang tidak tahu tentang MySQL. Memang MySQL itu apa? dan apa kegunanya?. Coba saya jelaskan singkat mengenai mysql, MySQL adalah sebuah server database open source yang paling populer keberadaannya. MySQL juga database untuk digunakan sebagai basis data dari aplikasi berbasis web.

Apa keunggulan MySql dibandingkan dengan RDBMS lainnya?

  • Kecepatan
    Sebuah studi berasal dari eWeek di February 2002 yang memperbandingkan performa kecepatan MySQL dengan RDBMS lainnya, seperti Microsoft SQL Server 2000, IBM DB2, Oracle 9i dan Sybase :
    Dan hasilnya, MySQL punya kecepatan yang lebih dibandingkan pesaing yang berbayar. 

  • Kendala
    Biasanya suatu hal yang gratis kesusahan diandalkan, bahkan banyak bug dan kerap hang. Tidak demikianlah bersama dengan MySQL, karena sifatnya yang open source, setiap orang dapat berkontribusi memeriksa bug dan jalankan test case untuk beraneka skenario yang sistem 24 jam online, multi-user dan data ratusan GB. Hasilnya, MySQL merupakan RDBMS yang reliabel namun memiliki performa diatas rata-rata.

  • Skalabilitas
    MySQL sanggup memproses knowledge yang lumayan besar dan kompkleks, tanpa ada penurunan performa, yang artinya terhitung membantu multiprosesor.

  • Mudah digunakan
    Instalasi dan mempelajari MySQL mudah dan tidak dibingungkan dengan banyak pengaturan. Cukup download aplikasi MySQL dan install, kita sanggup memakai MySQL dalam kala tidak cukup dari 5 menit.

  • Portabilitas
    Database MySQL mampu bersama dengan mudah berpindah dari satu sistem ke sistem lainnya. MySQL terhitung mampu berjalan pada arsitektur yang berbeda-beda, berawal dari PC pada level bawah sampai level tinggi seperti mainframe.

  • Dukungan multiuser
    MySQL mampu diakse dari manapun, serta dapat diakses oleh banyak pengguna dengan waktu bersamaan.

  • Open source
    Kita juga mampu mengembangkan dengan mempelajari kode programnya MySQL, dengan bahasa C dan C++ dapat digunakan untuk mengembangkan MySQL. Bahkan udah terkandung beraneka variasi RDBMS baru yang dikembangkan dari code MySQL, diantaranya: Drizzle, MariaDB, Percona Server dan OurDelta.

  • Keamanan
    MySQL juga mendukung protokol SSL (Secure Sockets Layer) untuk membuat suatu koneksi yang terenkripsi.

Kenapa kita harus mempelajari MySql?

MySQL kala ini sudah jadi salah satu kebutuhan untuk para programmer khusunya yang bergerak dalam bidang web development. Sudah tentu kita perlu mysql sebagai database aplikasi-aplikasi yang kita buat, contohnya untuk menaruh information artikel, menaruh information user, admin dan lain-lain.

[artikel number=1 tag=”install-phpmyadmin” ]

Banyak sekali CMS yang sangat terkenal menggunakan MySql untuk basisdatanya, diantaranya :

  • WordPress
  • Magento
  • Jomlaa
  • Drupal
  • dan lain-lain

Penutup

Teman-teman tidak perlu pusing, intinya MySQL adalah database management system atau yang akan kita pakai untuk memanipulasi database kita.

Oke sekian pembahasan Pengertian dan Pengenalan MySQL. semoga da berpat berguna dan mampu di pahami. dan semoga pada tutorial MySQL seterusnya akan lebih menaikkan pemahaman mengenai MySQL.

Untuk tutorial selanjutnya, kita akan melakukan instalasi MySQL, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Jangan lupa share ke teman-teman Anda bila menurut Anda artikel ini bermanfaat, dan jangan sungkan untuk memberi kami saran dikolom komentar.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here