Hai, disini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat aplikasi android sederhana menggunakan Android Studio. Sebelum melanjutkan tutorial ini pastikan teman-teman sudah menginstall Android Studio dipc teman-teman. Jika sudah langsung saja ikuti tutorial berikut

Create New Projek Android

Buka Android Studio dan pilih “Start a new Android Studio project

Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Activity

Disini kita memilih Empty Activity, Empty Activity disini menghasilkan tampilan kosong dan terdapat TextView tertuliskan “Hello World!”. Dengan activity ini kita bisa kustomisasi layout.

Penjelasan gambar diatas :

  1. Name isikan nama projek yang akan kalian buat.
  2. Package Name Setiap aplikasi Android memiliki ID apllikasi unik yang terlihat seperti nama paket Java, seperti com.example.myapp. ID ini secara unik mengidentifikasi aplikasi pada perangkat dan Google Play Store. Jika kalian ingin mengunggah versi aplikasi baru, ID aplikasi (dan sertifikat yang kalian tandatangani) harus sama dengan APK asliā€”jika kalian mengubah ID aplikasi, Google Play Store memperlakukan APK sebagai aplikasi yang benar-benar berbeda. Jadi, setelah kalian mempublikasikan aplikasi, kalian tidak boleh mengubah ID aplikasi.
  3. Save Location tempat dimana projek kalian akan disimpan. Kalian bisa mengganti tempat projek kalian dengan mengklik button browse atau gambar folder.
  4. Language disini kalian bisa mengganti bahasa pemrograman java atau kotlin.
  5. Minimum API level Pilih minimum OS Android untuk menjalankan aplikasi yang akan kalian buat, minimum api disini saya pilih API 17 dengan OS Jelly Bean 4.2.

Tampilan Antarmuka Pengguna

Diatas merupakan tampilan android studio, dan ada 2 tab activity_main.xml dan MainActivity.java masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, dan itu disebut jendela editor yaitu tempat kalian membuat dan memodifikasi kode.

Bergantung pada jenis file saat ini, editor dapat berubah. Misalnya, ketika melihat file tata letak, editor menampilkan Layout Editor.

Text Editor Interface

Pada gambar 4 dan 5 bisa dibedakan MainActivity.java dan activity_main.xml.

  1. MainActivity.java adalah class java untuk activity aplikasi, jadi file ini yang akan kita coding untuk logika/proses aplikasi kita (saya ibaratkan sebagai otak).
  2. activity_main.xml adalah file xml untuk class MainActivity.java, jadi file xml inilah yang akan dijadikan interface/antarmuka pengguna (ibarat baju :v).

Gambar dibawah ini kalian dipermemudahkan untuk membuat tampilan UI/UX aplikasi yang akan kalian buat.

Desain

Menjalankan Aplikasi Android

Sebelumnya, kalian membuat project Android yang menampilkan “Hello World.” kalian sekarang bisa menjalankan aplikasi langsung di android atau emulator.

Menjalankan aplikasi android cukup mudah, dengan cara klik tombol play segitiga berwarna hijau (yang saya kasih kotak warna merah).

Menjalankan aplikasi

Menjalankan diperangkan android langsung

Persiapkan android kalian sebagai berikut :

  1. Hubungkan android kalian dengan kabel USB.
  2. Aktifkan USB debugging di Developer Options, cara mengaktifkan cukup bervariasi tiap perangkat, jadi bisa cari tutorialnya di mbah google.

Jalankan aplikasi langsung di android.

  1. Di Android Studio, klik modul app di jendela project dan pilih Run > Run (atau klik Run ditoolbar, bisa lihat gambar 7).
  2. Di jendela Select Deployment Target, pilih perangkat kalian, dan klik OK.
Pilihan perangkat

Android Studio akan menginstal aplikasi itu di perangkat yang terhubung dan menjalankannya.

Itulah aplikasi “hello world” (tulisan hello world saya ganti dengan kuyCODING) yang berjalan di perangkat Anda! Untuk memulai men-develop.

Jalankan Aplikasi dengan Emulator

Di jendela Select Deployment Target, klik Create New Virtual Device pada Gambar 8.

Pilih Hardware

Di layar Select Hardware, pilih perangkat ponsel, misalnya Pixel 2, lalu klik Next.

System Image

Di layar System Image, pilih versi dengan level API tertinggi. Jika Anda belum menginstal versi tersebut, link Download akan ditampilkan, klik link itu dan selesaikan download-nya.

AVD (Android Virtual Device)

Pada layar Android Virtual Device (AVD), biarkan semua setelan dan klik Finish.

Android Studio akan menginstal aplikasi di emulator dan menjalankannya.

Sekian….

Kesimpulan.

Jadi kalian sudah berhasil membuat aplikasi android sederhana dan berhasil menjalankan langsung di android atau di emulator.

Jika PC kalian pas-pasan spesifikasinya, saran saya saat menjalankan aplikasinya langsung saja di smartphone Android. Jika spesifikasi PC teman-teman melebihi persyaratan sistem Android Studio boleh lah menggunakan emulator.

Happy Ngoding ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here