Struktur penulisan bahasa program C++ pada dasarnya masih menuruni susunan penulisan bhs pemrograman C, cuma saja lebih dari satu fungsi dan keyword/kata kunci saja yang berbeda, sebab Bahasa pemrograman C++ tidak seluruhnya terkait pada bahasa C. pembuat C++ tidak cuma beri tambahan Fitur baru (seperti OOP) ke bhs C, namun C++ juga berupaya untuk berdiri sendiri jadi bhs yang tidak terkait pada bhs C, tidak bermakna C++ berupaya mengambil alih posisi bahsa C, kamu masih bisa manfaatkan bhs C di tengah bhs C++.

Dalam penulisan kode program C, tiap tiap program C dimulai dari fungsi yang disebut “main”. Fungsi ini secara simple menghimpun perintah untuk melaksanakan “sesuatu”. Fungsi main inilah yang tetap di mulai untuk pertama kali. Dari dalam fungsi main, kita bisa memanggil fungsi lain. Untuk terhubung fungsi standar yang bakal diikutsertakan kedalam kompiler anda, kamu perlu mengikutsertakan header “#include header_yang_dirujuk”, kemudian file kode program disimpan dengan extensi *.c bahasa pemrogramman adalah case sensitive artinya huruf besar dan huruf kecil dianggap tidak sam.

Struktur program C++ sama layaknya susunan program C yang merupakan pendahulunya. C++ hanya punya sebagian perbedaan dan pembaharuan, Struktur program C++ terdiri sejumlah blok fungsi, tiap tiap fungsi terdiri dari satu atau sebagian statements (pernyataan) yang dapat melakukan tugas tertentu.

Header File
int main()
{
  Deklarasi;
  Statement;
}

Program C/C++ selalu tersusun dari 5 (Lima) bagian utama, yaitu :

  1. Preprocessor Directive (Pengarah Kompilator)
  2. Declaration (Deklarasi)
  3. Definition (Definisi)
  4. Statement atau Expressions (Pernyataan atau Ekspresi)
  5. Comments (Komentar)
#include <iostream>                         //File Header

int main()                                  //Deklarasi Main Function
{                                           //Blok pembuka
 //Definisi Main Function
std::cout<<"Selamat Datang Di BelajarC++";  //Pernyataan (Statement)
}

Keterangan :

#include <iostream>

File Header adalah file yang berisi deklarasi, baik berupa konstanta, fungsi, kelas, namespace, dan sebagainya. Ingat hanya berisi deklarasi. Apabila berupa fungsi, yang tertulis dalam file header hanya prototipenya saja. File ini tidak berisi implementasi atau kode-kode program dari faedah atau kelas yang didefinisikan di dalamnya.

Pernyataan yang di awali bersama pakai isyarat pagar ( # ) disebut dengan Preprocessor Directive, pada misal program di atas kita menggunkan preprocessor directive yang perlihatkan “#include <iostream>” yang bermakna bahwa kita dapat pakai fungsi dari library “iostream (Input Output Stream)” yang merupakan Standar Library C++. pada baris ke 6 kita perlihatkan std::cout yang merupakan salah satu satu fungsi yang berasal dari library “iostream”.

#include <iostream>            //File Header

“//File-header” sesudah “#include<iostream>” adalah komentar, seluruh karaketer sesudah isyarat “//” dapat jadi komentar dan tidak memengaruhi jalanya program. Komentar digunakan untuk mempermudah programmer dalam mempelajari program bersama dengan berikan isyarat atau keterangan terhadap program. Ada dua cara dalam memakai komentar yang pertama adalah bersama dengan isyarat “//” dan kedua bersama dengan menaruh komentar di pada isyarat “/*” dan “*/”.

int main()

int main(), Merupakan fungsi (function) utama, fungsi yang akan dibaca oleh kompilator pertama kali secara otomatis, tidak akan ada function yang otomatis dibaca oleh kompilator terkecuali fungsi utama “int main()”, fungsi utama bagaikan sebuah kepala dari sebuah program yang mengatur arah kompilator.

“int” dalam fungsi utama adalah sebuah return style integer. Dalam ketentuan C++ fungsi utama sesungguhnya mengfungsikan return style integer.

Dan tepat sehabis identifier (nama) “main” terkandung sepasang tandakurung “( )”, itu merupakan area dimana kita dapat isi parameter untuk function, tetapi dalam fungsi utama, perihal itu tidak dibutuhkan dan dibiarkan dalam keadaan kosong.

“{“      <-- baris ke empat

Tanda “mempunya sebuah pasangan yang dinamakan blok penutup, di dalam umpama program di atas penulis menyimpan blok penutup di baris paling akhir dengan tanda “}”. Kedua blok selanjutnya membuktikan bahwa kode yang diapit oleh mereka adalah satu ruang lingkup (scope) dan membuktikan bahwa seluruh kode di dalam blok selanjutnya merupakan definsi dari fungsi utama.

std::cout<<“Selamat Datang Di BelajarC++”;

std::cout<<“Selamat Datang Di BelajarC++”; adalah sebuah baris pengakuan (Statement) dan merupakan definisi dari fungsi utama. std::cout merupakan bagian dari library <iostream>. Berfungsi untuk mencetak sebuah kata-kata “Selamat Datang Di BelajarC++” pada layar hasil program.

Dalam pemrograman C/C++ sebenarnya tidak jauh beda dengan bahasa pemrograman lainnya, tiap-tiap program bermacam bahasa pemrograman umumnya berisi dari berbaris-baris penyataan (statements), ada statement berupa menyesuaikan jalanya rangkaian program dan ada yang berupa sebagai perintah. Dan tiap-tiap baris berasal dari penyataan (statement) dapat diakhiri bersama isyarat titik koma atau semicolon ( ; ).

Bukan hanya statement yang mendominasi sebuah program, Expressions (ekspresi) juga digunakan untuk menyesuaikan dan pilih yang terkait dengan angka, ekspresi masih serupa layaknya pernyataan, tetapi pengakuan ini lebih mengupas perihal penghitungan (Matematika).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here