Tutorial MySQL Part 2 : Install MySQL – Setelah pada Tutorial MySQL Part 1 : Pengertian dan Pengenalan MySql kita membahas sedikit teori database, dan membahas beberapa kegunaan dan keunggulan, maka saatnya untuk install aplikasi MySQL.

Belajar MySQL Part 2 : Instal MySQL

Bagi teman-teman yang sebelumnya belum pernah menggunakan MySQL, karena sudah include didalam apache-mysql-php atau bisa disebut dengan Xampp. Aplikasi ini sering digunakan untuk belajar pemrograman web, karena didalam aplikasi ini sudah include dengan web server Apache, aplikasi database MySQL, dan bahasa pemrograman PHP. Xampp merupakan diantara banyak aplikasi yang sering digunakan  di Windows.

Paket aplikasi bundle ini tawarkan kemudahan instalasi, sebab kita tidak direpotkan dengan beragam settingan agar ketiga aplikasi itu mampu berjalan. Jika pada computer anda telah terinstall aplikasi ini, silakan menggunakannya, atau kamu ingin menginstall MySQL memanfaatkan XAMPP, silakan mengikuti langkah-langkahnya pada tutorial langkah menginstall XAMPP. 

Untuk memulai penginstalan silahkan teman-teman download terlebih dahulu MySQL di web resminya http://dev.mysql.com/downloads/mysql/.

Setelah halaman resmi MySQL terbuka, silahkan scroll pada bagian bawah. Pada tampilan bagian download MySQL, kita akan mendapati sebagian paket instalasi yang bisa kita dipilih.

[artikel number=1 tag=”lamp” ]

Pada menu Select Operating System:, silakan pilih sistem operasi yang diinginkan.

Installer MySQL terdiri dari 2 pilihan, yakni file berekstensi exe atau (executable) yang dinamakan Installer MSI, atau file ZIP. Agar lebih mudah, sebaiknya pilih file berekstensi MSI, sebab file ini berisi versi MySQL yang ditambah wizard, jadi lebih mudah untuk memandu kita didalam sistem instalasi dan setinggan awal, sedangkan untuk versi ZIP, merupakan aplikasi MySQL tanpa sistem instalasi. Setelah selesai, klik tombol: download untuk versi MSI.

Halaman selanjutnya adalah halaman “Download MySQL Installer”. MySQL sediakan 2 model file, yakni dengan ukuran kecil (sekitar 15,9 MB), atau yang berukuran besar (sekitar 273,4 MB). Versi ukuran kecil sebenarnya adalah versi online installer, yang akan mendownload seluruh file MySQL terhadap sementara sistem instalasi nantinya. Sedangkan yang berukuran besar adalah versi offline installer yang tidak mesti terkoneksi ke internet saat sedang instalasi.

Agar lebih ringan dan sehingga kita bisa menaruh file master MySQL, sebaiknya pilih versi offline installer yang berukuran besar, sehingga kita tidak perlu online saat sedang melakukan instalasi. Klik tombol download untuk melanjutkan.

[artikel number=1 tag=”install-lamp” ]

Pada halaman Begin your download, MySQL bakal menampilkan form untuk login atau mendaftar akun di mysql.com. Jika berminat, silahkan mengisi form registrasi, namun jikalau tidak, lanjutkan bersama dengan klik link No thanks, just start my download.

Bagi yang menggunakan Operasi Sistem Linux Ubuntu, teman-teman bisa install MySQL dengan mengikuti tutorial ini Cara Menginstal Lamp di Ubuntu 18.04.

Ketika proses download MySQL sudah selesai tahap selanjutnya adalah menginstall MySQL didalam komputer Anda, instalasinya cukup mudah seperti install software pada umumnya.

Kenapa harus unduh software mysql? karena di tutorial seri mysql basic ini kita hanya dapat belajar perintah mysql untuk memanipulasi database. Untuk kedepannya jikalau teman-teman ingin membuat aplikasi, teman-teman tidak harus lagi mendownload mysql seperti cara ini. cukup dengan menginstal xampp saja. karena xampp sudah include mysql phpmyadmin di dalamnya.

Cara lebih mudah install mysql

untuk langkah lebih mudah nya, silahkan teman-teman download xampp. sebab di xampp telah include mysql. menjadi tidak mesti lagi repot-repot untuk menginstall mysql nya. bersama dengan menginstall xampp, telah terinstal php dan web site server nya termasuk di laptop kita.Tutorial MySQL Part 2 : Instalasi MySQL

Di tutorial ini saya menggunakan mysql yang telah saya install bersamaan dengan apache dan php atau dilinux bisa disebut dengan Lamp stack. Teman-teman yang sudah menginst. biar gak ral xampp di PC bisa digunakan mysqlnya sama saja kok. Biar tidak ribet lagi. baca caranya di sini Cara Menginstal Lamp di Ubuntu 18.04.

Sampai di sini kita anggap teman-teman telah selesai menginstall mysql.

Sudah sukses install ?

Sekarang kita bakal coba terhubung mysql berasal dari command line atau CMD atau Terminal. sebab kita menggunakan mysql berasal dari Lamp atau Xampp aslinya sama Linux dengan Windows, teman-teman bisa sesuaikan saja.

Di windows sebelumnya harus masuk kedalam direktori MySQL teman-teman harus mengetikan perintah berikut:

cd..
cd /xampp/mysql/bin

Keterangan perintah di atas cd.. digunakan untuk kembali ke direcktori awal, diwindows biasanya ke direktori C:\, dan perintah cd /xampp/mysql/bin adalah untuk masuk ke directori xampp/mysql/bin. Setelah masuk ke direktori tersebut teman ketikan perintah ini untuk masuk ke dalam mysql.

mysql -u root -p

Perintah yang digunakan di linux maupun di windows sama.

Seperti gambar diatas, setelah memasukan perintah mysql -u [root/user] -p kemudian diminta memasukkan password, untuk defaulnya kosong hanya cukup tekan enter. Namun, jika teman-teman saat instalasi mysql memasukkan password maka password tersebutlah yang dimasukan, dan tekan enter.

[artikel number=1 tag=”kuycoding” ]

Jika tampilan seperti gambar diatas bearti teman-teman sudah sukses masuk kedalam mysql.

Oke sampai sini tutorial instalasi mysql, sewaktu-waktu bisa saya ubah untuk penginstalan mysql di Windows. Terima kasih sudah berkunjung tunggu artikel selanjutnya, jangan lupa dishare ke teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here