Assalamu’alaikum sekarang kalian sedang bertemu saya lagi admin dari kuycoding kita akan belajar dasar pemrograman dengan javascript kali ini kita akan membahas mengenai kenapa sih kita belajarnya javascript bukan bahasa pemrograman yang lain?

Beberapa bahasa pemrograman yang populer dan banyak digunakan oleh para programer saat ini tapi kenapa kita pilih nya javascript, dalam bahasa pemrograman yang lain misalnya seperti C atau Java

Kita lihat beberapa alasan berikut ini.

Karena javascript itu gratis yang artinya kita tidak perlu membeli softwarenya esensinya atau serial numbernya.

Javascript itu tidak perlu proses instalasi, kenapa? karena tiap-tiap browser itu sebetulnya sudah memiliki javascript di dalamnya ada yang kita sebut dengan interpreter javascript, jadi Artinya selama kalian punya web browser kalian sudah bisa membuat dan menjalankan JavaScript simple, apalagi untuk kita yang baru belajar pemrograman tidak perlu repot-repot install dan konfigurasi seperti halnya php yang mengharuskan kita menginstall web server.

javascript is available scripting and time and interpreted programming language

Definisi dari Wikipedia

Ada beberapa kriteria kalau kata si Wikipedia begitu ya yang pertama itu katanya javascript adalah bahasa yang high level atau High Level language, penjelasan yang seperti itu bisa dikategorikan menjadi bahasa yang dekat bahasa mesin sampai ke bahasa manusia.

Bahasanya semakin mudah dimengerti oleh manusia dan javascript itu tadi katanya adalah scripting atau scripting language, maksud dengan halaman web tujuan awal diciptakannya javascript itu spesifik hanya untuk aplikasi web, tidak seperti bahasa-bahasa ini seperti misalnya C++, C#, Java atau objective C untuk membuat aplikasi desktop yang berjalan di dalam sebuah sistem operasi tertentu.

Javascript adalah sebuah bahasa scripting, bahasa scripting yaitu bahasa pemrograman yang tertanam di dalam sebuah program yang lebih besar, jadi yang bisa menggunakan bahasa scripting hanya program tadi, bahasa scripting tidak hanya javascript ada bahasa lain.

Seperti misalnya di dalam program Adobe Flash, misalnya ada namanya di Adobe Animate itu ada bahasa yang dinamakan dengan actionscript jadi sama ada kata script di belakangnya, biasanya yang ada kata script di belakangnya merupakan bahasa yang ada di dalam program tertentu, cuma jalan di adobe Flash misalnya di dalam Microsoft Office itu kita bisa menggunakan sebuah script yang namanya ini VB Script.

Begitu pula dengan javascript yang berada di dalam sebuah web browser, apapun web browser nya baik itu Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera apa yang lainnya itu bisa menjalankan javascript yang ada di dalamnya.

Selanjutnya tadi ada yang disebut dengan Untype jadi javascript termasuk kategori bahasa yang Untype.

Apa itu maksudnya?

Jadi ada 2 bahasa pemrograman berdasarkan bagaimana dia mengelola tipe data di dalamnya, ada yang disebut dengan Typed ada yang disebut dengan Untyped, Javascript dikategorikan sebagai bahasa yang untype atau kata lainnya adalah Dynamically Typed.

Maksudnya gimana?

Kalau misalkan kita membuat variabel dalam bahasa pemrograman dengan tipe Untype, variabel nya bisa diisi oleh tipe data yang berbeda, terus nanti belakangan kita isi dengan tulisan atau huruf itu bisa saja dengan Untyped sedangkan yang Typed tidak, jadi contohnya mungkin seperti :

Contoh untyped dan typed

Kita lihat dulu aja konsepnya, misalnya untuk yang Untyped jika kita deklarasikan sebuah variabel seperti ini misalkan variabel namanya X, kita isi dengan angka x itu tipe datanya disebut dengan integer, nanti misalnya di dalam bagian lainnya programnya kita isi kembali X dengan sebuah tulisan atau kita sebut dengan string, nanti atau misalkan kita ganti nanti dengan objek seperti diatas tidak masalah, tapi kalau bahasa pemograman yang typed mendeklarasikan variabel nya mendefinisikan tipe datanya, jika kita punya variabel x yang tipe datanya integer diisi dengan 12345 menjadi string atau tulisan ini akan bermasalah atau akan error.

Kategori untype itu memudahkan belajar pemograman karena kita tidak dibingungkan dengan pendeklarasian tipe data yang walaupun sebetulnya dengan mendefinisikan tipe data di awal juga memiliki keuntungan seperti efisiensi memori dan pencegahan logika program.

Interpreted javascript adalah bahasa interpreter harus dijalankan menggunakan interpreter, secara bahasa berarti penterjemah, begitu juga dalam dunia komputer, interpreter juga berarti sebuah program yang menerjemahkan intruksi dalam bahasa pemrograman, atau dengan kata lain melakukan eksekusi terhadap perintah yang diberikan. Sebuah bahasa pemrograman yang berkategori ini membutuhkan sebuah program(interpreter) untuk menterjemahkan intruksi tersebut agar dimengerti oleh mesin atau komputer, seperti PHP

Banyak sekali javascript ini yang komunitasnya juga besar sekali bahkan yang dilakukan oleh stackoverflow itu KTN JavaScript paling populer yang bisa mengalahkan bahasa-bahasa pemrograman yang lain.

Tahukah kamu apa itu Stack Overflow?

Website ini adalah website yang paling sering kalian kunjungi Kalau mencari solusi, kalau misalnya program kalian error, framework dan library nya banyak sekali.

Alasannya kenapa kita pengen javascript sebagai bahasa pemrograman yang nantinya akan kita pelajari, sekarang kalau pertanyaannya adalah

Apa sih yang bisa dilakukan oleh javascript atau dengan belajar javascript kita bisa bikin apa aja sih?

Banyak banget yang bisa kita bikin dari javascript. Berikut ini adalah beberapa contohnya yang bisa dilakukan oleh javascript, yang paling utama adalah ini selain site development, atau membuat dan mendukung pembuatan aplikasi web dari sisi client kalian bisa menggunakan apa yang disebut dengan native javascript, atau dikenal juga dengan nama vanilla javascript.

Javascript yang tanpa menggunakan library atau framework javascript yang aktif dengan menggunakan bantuan Framework seperti yang sedang populer itu ada yang dinamakan dengan angular outbound dan lain-lainnya, itu semua Framework digunakan untuk membantu kalian mempercepat dan mempermudah penulisan javascript, pertama yang terjadi Kalian bisa membuat saja fase grup sekarang.

Kalian juga bisa melakukan server Side aplikasi yang berjalan di sisi server atau sekarang lebih dikenal dengan back end development, developer ini dipelopori dengan dibuatnya sebuah library yang namanya node.js. Yang membuat javascript bisa berjalan di server sendiri namanya express.js.

Javascript juga bisa membuat browser extension jadi kalau kalian pernah install Chrome extension atau add-ons Firefox itu juga bisa dibuat dengan javascript atau bahkan Kalian mau bikin mobile aplikasi, sekarang kalian juga bisa membuat aplikasi untuk IOT atau internet of things dan aplikasi untuk robot juga bisa menggunakan javascript.

Mudah-mudahan tambah memantapkan kalian untuk belajar mengenai pemrograman khususnya dengan bahasa pemrograman javascript sekali lagi terima kasih sudah membaca artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here